
Informasi
13 Februari 2025
Melihat Prospek Bisnis Logistik di Era Digital
Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di Indonesia. Aktivitas sosial dan ekonomi kini semakin mengandalkan teknologi berbasis internet, mengubah cara masyarakat bertransaksi dan berinteraksi.
Tingginya mobilitas masyarakat menuntut layanan yang lebih praktis, efisien, cepat, dan tetap aman. Perubahan ini juga berdampak pada sektor ekonomi, yang kini semakin mengandalkan transaksi virtual melalui platform e-commerce.
E-commerce tidak hanya menjadi sarana jual beli bagi konsumen individu dengan produsen atau pedagang ritel, tapi juga untuk transaksi antar perusahaan dalam konsep B2B (Business to Business).
Secara umum, e-commerce dapat diartikan sebagai model bisnis yang memungkinkan individu atau perusahaan melakukan jual beli secara daring.
Model bisnis ini berkembang pesat, terutama setelah pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi langsung.
Di Indonesia, penelitian oleh Google, Temasek, dan Bain & Company memperkirakan bahwa nilai ekonomi sektor e-commerce pada tahun 2022 mencapai US$59 miliar, setara dengan 76,62% dari total nilai ekonomi digital Indonesia sebesar US$77 miliar.
“Pada tahun 2022, nilai ekonomi e-commerce Indonesia mengalami peningkatan sebesar 22% dibanding tahun sebelumnya (year-on-year) yang bernilai US$48 miliar. Jika dibandingkan dengan sebelum pandemi (tahun 2019), nilai ini bahkan melonjak 136% dari US$25 miliar,” demikian tertulis laporan tersebut.
Lebih lanjut, penelitian tersebut juga memproyeksikan pertumbuhan e-commerce Indonesia akan terus berlanjut hingga mencapai US$95 miliar pada tahun 2025.
Tak hanya bisnis e-commerce yang berkembang, jumlah pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai 82 juta orang (30% dari populasi) juga turut mendorong pertumbuhan ini.
Transformasi Bisnis Logistik di Era Digital
Seiring dengan pesatnya perkembangan e-commerce, sektor logistik sebagai salah satu pilar utama ekonomi digital juga harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
Tidak hanya pengembangan platform layanan bagi pelaku bisnis, tetapi juga kesiapan armada transportasi menjadi faktor krusial.
Bagi para pelaku bisnis e-commerce, memilih penyedia jasa logistik yang andal menjadi kebutuhan utama. Jika tidak, efisiensi operasional bisa terganggu dan menghambat kelancaran bisnis.
Oleh karena itu, selain memperhatikan strategi pemasaran, perusahaan juga perlu lebih selektif dalam memilih mitra logistik yang memiliki reputasi baik, salah satunya SELOG.
Dengan pengamalan lebih dari 20 tahun, SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end, mulai dari Trucking, Shipping, Warehousing, Freight Forwarding, serta Project Cargo.
SELOG punya berbagai armada pengiriman dengan jaminan kualitas dan keamanan. Serta didukung penggunaan teknologi digital Astra Fleet Management Solution (AstraFMS) yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis.
Dengan teknologi AstraFMS, SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan berbasis teknologi informasi.
Informasi lebih lanjut tentang layanan SELOG, silahkan mengunjungi website www.selog.astra.co.id atau bisa juga menghubungi kami di nomor (021) 26605333.
Jangan lupa juga untuk follow media sosial SELOG di instagram @selog_astra serta Linkedin SELOG untuk mendapatkan berbagai info terkini seputar industri logistik.

Berita
12 Februari 2025
Raih Sertifikasi Halal, SELOG Perkuat Komitmen Distribusi Produk Halal di Indonesia

Berita
3 Februari 2025
SELOG Dapat 3 Penghargaan Inovasi dari TAM

Berita
2 Desember 2024
SELOG Berhasil Mendapatkan Sertifikasi SMK PAU
Pastikan update informasi SELOG dan logistik terkini
Silakan masukkan email untuk mendapatkan berita atau artikel terbaru dari kami